Harga makanan

 23 April 2008 by koki under Makanan Sehat

makanan_siap_sajiBahan makanan dapat ditemui di berbagai tempat, di pasar, supermarket, juga di pedagang-pedagang sayur di dekat tempat tinggal kita baik yang keliling ataupun yang di tempat. Masing masing menyediakan bahan makanan untuk konsumsi masyarakat di sekitarnya.

Pedagang keliling dan pedagang sayur biasanya menjual bahan makanan yang segar hasil dari pembelian di pasar tradisional dan dijual di sekitar rumah-rumah penduduk. Harga barangnya biasanya sedikit lebih mahal daripada harga barang yang dijual di pasar, dan tergantung atas permintaan dan penawaran pasar. Di pasar, harga yang berlaku merupakan kombinasi harga pabrik dan harga berdasarkan permintaan dan penawaran.

Harganya fluktuatif tergantung dengan penyediaan barang, terutama harga bahan sembako. Anda dapat menawar harga bahan makanan di pasar, dan menemukan lebih banyak variasi bahan makanan. Sedangkan di supermarket, harga barang yang dipasarkan merupakan harga tetap, tidak dapat ditawar. Supermarket didesain dengan konsep one-stop-shopping dimana anda dapat menemukan barang kebutuhan sehari-hari diluar bahan makanan hanya dengan mengunjungi satu tempat saja.

Penyediaan barang terutama bahan makanan di supermarket cukup lengkap walaupun tidak sesegar bahan makanan yang dijual di pasar tradisional. Supermarket adalah solusi untuk berbelanja dengan nyaman, fun dan praktis.

Harga bahan makanan terutama bahan makanan pokok yang berlaku di pasaran, tergantung pada suplai barang dan permintaan pasar. Pada momen-momen tertentu harga bahan makanan, terutama bahan sembako meningkat drastis.

Hal ini disebabkan karena tingginya permintaan, dan walaupun suplai juga meningkat namun harga barang tetap tinggi. Namun setinggi-tingginya harga bahan makanan pada saat Hari Raya, masyarakat masih tetap akan membeli bahan dan meningkatkan keuntungan para penjual.

Namun harga bahan makanan akan kembali normal beberapa saat setelah hari raya berakhir. Pada saat suplai barang sedikit akibat terjadi penimbunan, harga bahan makanan tertentu menjadi naik berkali-kali lipat lebih tinggi dari harga sebelumnya. Tingginya harga barang mengakibatkan kerugian namun juga meningkatkan harga bahan pengganti.

2 Comments

 

Leave a comment

  1. [...] Restoran merupakan tempat makan yang menyajikan nilai lebih dari sekedar tempat makan. Tak hanya menyajikan makanan, restoran juga menyediakan kenyamanan dan fasilitas untuk membuat para pelanggan betah berlama-lama makan di sana. [...]

    Pingback by Tempat makan | DUNIA MAKANAN . COM — 1 May 2009 @ 22:02

  2. makanan yang enak tak selalu makanan yang harganya mahal,,, setuju???

    Comment by jabon — 23 March 2010 @ 05:51

 

Leave a comment