Makanan China

 27 August 2010 by koki under Makanan Spesial

Hampir disetiap belahan dunia terdapat komunitas orang Tionghoa, karena negara China merupakan negara dengan populasi terbesar di dunia. Banyak warga negara China yang merantau keluar dari negaranya dan menetap di negara-negara lain. Selain itu, mereka juga membawa tradisi dan budaya China ke negara tujuan tersebut. Oleh karena itu, tak heran bila banyak ditemukan China Town di hampir setiap negara.

Begitu juga halnya dengan Indonesia, dimana banyaknya restoran China yang bertaburan membuat masakan China tak asing lagi di lidah masyarakat Indonesia. Bahkan masakan China seperti mie, kwetiaw, bihun atau siomay kerap ditemui di pedagang gerobak pinggir jalan ataupun pedagang gerobak yang berkeliling.

Dahulu makanan tradisional China dimasak dengan cara menumis dan merebus, namun kini resep makanan China telah mengalami pengembangan kreatifitas pengolahan resep makanan dan cara memasak sehingga menghasilkan berbagai resep makanan yang terkenal diseluruh dunia. Restoran China kelas hotel berbintang biasanya menyuguhkan variasi jenis sup sebagai makanan pembuka, seperti sup asparagus, sup kepiting, sup burung walet, sampai sup sirip ikan hiu. Tentu saja sup-sup ini memiliki kandungan gizi yang tinggi.

Untuk camilan atau menu sarapan, masakan China terkenal dengan dimsum dan juga beragam jenis bubur. Menu utama masakan China juga memiliki keragaman luar biasa mulai dari pemilihan bahan sampai dengan pengolahannya, seperti ayam kungpao, cap cay, bebek panggang Peking, ikan asam manis, sapi lada hitam, sapo tahu seafood, ikan tim masak, dan masih banyak menu lainnya dimana tentu saja sudah tidak asing ditelinga kita. Perbedaan masakan China di restoran China kelas kaki lima dan kelas hotel berbintang terletak pada pemilihan bahan, cara memasak dan variasi menu yang disuguhkan.

Salah satu keistimewaan masakan China adalah cara pengolahannya, yaitu lambat saji atau slow food. Restoran China bukanlah restoran cepat saji atau fast food, dan pemilihan bahan pun harus menggunakan bahan yang segar karena akan mempengaruhi cita rasa makanan. Disamping itu, menu masakan China sarat dengan beragam jenis sayur-sayuran yang menyehatkan.

No Comments

 

Leave a comment

No comments yet.

 

Leave a comment