Resep Capcay Spesial

 2 February 2011 by Prita under Resep Masakan

Anda penggemar wisata kuliner? Tentu, jika Anda salah satu penggemar kuliner, masakan China tentu bukan sesuatu yang asing buat Anda. Mungkin juga, Anda adalah salah satu penggemar berat masakan Cina. Ada beragam jenis masalah Cina yang sangat memiliki kekuatan untuk menggoyang lidah Anda seperti Fu Yung Hay dan Capcay. Sebagai penggemar masakan Cina, Anda tentu ingin mencoba memasak sendiri. Seperti apakah resep capcay yang cocok untuk Anda?

Mungkin, resep capcay berikut ini adalah salah satu yang cukup cocok dengan lidah Anda. Pertama-tama, Anda harus mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan antara lain sayuran dan bumbu-bumbunya. Untuk sayuran, secara umum capcay terdiri atas brokoli, wortel, kol, sawi, serta daun bawang. Anda boleh menambahkan sayuran lain sesuai dengan selera Anda sendiri. Bumbu-bumbu yang harus dipersiapkan adalah bawang putih, lada, garam, kecap asin, dan maizena. Khusus untuk maizena dapat dihilangkan jika Anda menginginkan capcay kuah yang segar.

Untuk isian capcay, Anda bisa menambahkan daging ayam dan kekyan. Kekyan adalah sejenis tepung goreng (semacam bakwan kosong), diiris-iris untuk dimasukkan ke dalam campuran capcay. Tetapi, untuk capcay dengan versi asli Cina, bokcoy (campuran daging cincang dan tepung yang sudah digoreng) lebih sering digunakan. Untuk tambahan isian, dan membuat capcay spesial, Anda bisa menambahkan bakso, biasanya dua macam yaitu bakso sapi dan bakso ikan. Ati-ampela rebus dipotong kecil juga ditambahkan agar capcay spesial makin spesial. Tak lupa, pilih ayam bagian dada agar terasa lebih berdaging. Potong daging ayam sesuai selera Anda. Jika masih ingin tambahan, udang rebus kupas bisa dimasukkan.

Langkah berikutnya adalah proses pemasakan. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan.

  • Panaskan minyak goreng secukupnya untuk menumis bawang putih yang sudah dihaluskan. Penumisan dilakukan sampai bawang putih matang dan harus.
  • Irisan daun bawang dan telur dimasukkan ke penggorengan dan di aduk untuk mengacaukan telur. Lada bubuk dan garam dimasukkan secukupnya sesuai tingkat kepedasan dan asin yang diinginkan.
  • Masukkan isian yang lain seperti udang, bakso, ati-ampela, bokcoy dan yang lain. Tambahkan air sedikit sesuai dengan selera agar capcay tampak berkuah.
  • Masukkan semua sayuran yang sudah dipotong-potong ke dalam penggorengan.
  • Tahap terakhir adalah pemantapan rasa dengan memasukkan kecap asin (atau manis), saus tiram maizena. Aduk rata dan tunggu sekitar 2 menit, masakan capcay Anda akan siap.

Dalam memasak capcay, sayuran dimasukkan di bagian akhir. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga agar sayuran pada masakan capcay tetap tampak segar, masih terasa renyah saat dikunyah dan warna masakan juga masih tampak menarik.

1 Comment

 

Leave a comment

  1. Ini resep sehat yang kusuka….capcay….hhmmm…

    Comment by siryana — 27 March 2012 @ 14:59

 

Leave a comment