Resep Pizza Italia

 13 January 2011 by Prita under Resep Masakan

Pizza adalah makanan khas Italia. Banyak orang menyukai pizza sebagai kudapan, atau bahkan makanan utama saat makan malam. Akan sangat menyenangkan jika kita bisa membuat pizza sendiri. Tentu, untuk bisa membuat pizza yang lezat, kita membutuhkan resep pizza yang enak. Berikut ini adalah resep pizza yang mungkin dapat kita coba di rumah. Bahan dasar pizza adalah terigu. Untuk membuat 1 buah pizza, kita membutuhkan 3 cups terigu.

Bahan-bahan yang lain yang akan kita perlukan adalah air hangat, garam, gula pasir, soda kue (boleh dari merek apapun seperti Fermipan misalnya), minyak olive atau bisa diganti dengan minyak bunga matahari, serta baking paper. Minyak olive digunakan karena minyak ini terbilang tidak terlalu berlemak. Tentu saja, pengetahuan tentang resep pizza saja tidak cukup tanpa kita bisa mengolahnya dengan baik.

Cara membuat pizza, dalam hal ini pizza italia adalah dengan mencampurkan bahan-bahan tersebut. Yang pertama harus dicampur adalah terigu, gula pasir dan garam. Kita campur hingga merata dan kemudian kita tambahkan air hangat tadi. Minyak olive juga kita tambahkan. Kita campur hingga merata. Terakhir, kita masukkan fermipan ke dalam adonan tersebut. Proses berikutnya dalam membuat pizza italia ini adalah pengulenan. Kita harus menguleni adonan tersebut selama lebih kurang 20 menit.

Satu hal kecil yang sangat penting adalah dalam proses pengulenan ini kita harus menggunakan tangan kita. Hal ini akan menentukan berhasil tidaknya pembuatan pizza tersebut. Setelah 20 menit, kita tekan adonan, jika mengembang kembali, adonan siap diproses lebih lanjut. Setelah selesai tahap pengulenan, adonan kita masukkan dalam mangkuk yang sudah diolesi minyak dan ditutup, juga untuk menunggu adonan mengembang lagi.Setelah kurang lebih satu jam, adonan siap. Kita pisah menjadi 3 bagian untuk tiga buah pizza. Kita pipihkan diatas baking paper.

Langkah berikutnya adalah mengisi pizza itu dengan berbagai bahan yang kita inginkan. Umumnya, keju mozarella yang bisa meleleh digunakan sebagai dasar untuk mengikat semua bahan yang akan ditabur diatas pizza seperti daging asap, potongan sayur semacam paprika, nenas, atau yang lainnya. Terakhir, keju mozarella kita tutupkan sebagai topping untuk mengikat seluruh bahan tersebut. Orang Indonesia mempunyai kreasi pizza indonesia sendiri. Apa beda pizza italia dan pizza indonesia? Versi italia seharusnya dipanggang pada panggangan tradisional. Pizza ini lebih tipis hingga oven akan mengeraskan adonannya. Pizza indonesia lebih tebal dan dipanggang di oven biasa.

No Comments

 

Leave a comment

No comments yet.

 

Leave a comment